PENGENALAN LAB KOMPUTER




BAB I
PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang

Dengan berkembangnya jaman, kita sebagai manusia harus belajar hidup berdampingan dengan yang namanya teknologi. Begitu pentingnya teknologi, manusia pada saat ini menjalani setiap detiknya, hampir dengan teknologi. Teknologi mampu menjadi faktor pembantu dalam segala hal terutama dalam bidang pendidikan.
Salah satu arus utama yang mengalir pada dunia pendidikan kita saat ini adalah “Bagaimana mengoptimalkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam membantu proses pembelajaran di sekolah?” Hal ini tidak berlebihan,mengingat saat ini dunia pendidikan “hidup” di tengah-tengah arus informasi dan komunikasi yang begitu cepat. Bukan bermaksud latah, namun jika kita tidak ingin ketinggalan, maka mau tidak mau kita harus mengoptimalkan TIK dalam prosespembelajaran di sekolah. Salah satu komponen yang sangat menentukan dalam upaya optimalisasi TIK sebagai alat bantu pembelajaran adalah keberadaan Laboratorium Komputer. Laboratorium komputer, sebagaimana yang diatur dalam Permendiknas No 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana sekolah, berfungsi sebagai tempat mengembangkan keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, kita juga memanfaatkan laboratorium komputer untuk membantu proses pembelajaran di berbagai bidang ilmu, bukan hanya TIK, namun juga IPA, IPS, Bahasa dan sebagainya. Mengingat pentingnya peranan laboratorium komputer dalam mengembangkan keterampilan TIK dan dalam akselerasi proses pembelajaran,maka perlu dilakukan upaya manajemen laboratorium komputer yang baik untuk mendukung peran dan fungsi laboratorium secara optimal.
Makalah ini akan mencoba membahas tentang pengelolaan Laboratorium Komputer , Perencanaan Laboratorium, Penataan Laboratorium, Standar pearalatan Laboratorium hingga berbagai permasalahan yang sering dihadapi dalam pengelolaan laboratorium komputer.


B.      RUMUSAN MASALAH

a.      Apa itu Laboratorium Komputer ?
b.      Bagaimana perencanaan dan pengelolaan Laboratorium Komputer ?
c.       Apa saja yang di butuhkan untuk membangun Laboratorium Komputer ?
d.      Siapa saja yang mampu mengelola Lab Komputer ?
e.      Berapa anggaran yang dibutuhkan untuk membangun Laboratorium Komputer ?




C.      Tujuan dan Manfaat

Tujuan :
·         Mewujudkan program yang menjadikan laboratorium sebagai pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi
·         Menjadikan laboratorium sebagai sumber belajar bagi siswa dan pusat penelitian serta pengembangan bagi pendidik atau guru
·         Menyiapkan siswa yang terampil dan berwawasan luas di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
·         Menumbuhkan sikap profesionalisme dan etos kerja yang disiplin pada seluruh warga sekolah  dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
·         Menjadikan siswa yang kreatif di bidang teknologi dan mampu mengembangkan bahkan menciptakan teknologi hasil sendiri
·         Memanfaatkan kemajuan teknologi untuk bidang pendidikan agar siswa lebih banyak wawasan dan pengetahuan di masa depan
·         meningkatkan keahlian dalam menggunakan komputer sebagai alat untuk menciptakan efisiensi dan efektifitas kerja.

Manfaat :
·         Proses belajar mengajar menjadi nyaman dan efektik
·         Memudahkan siswa untuk langsung praktek akan materi yang diberikan
·         Mempercepat kinerja siswa dengan setiap praktek yang rutin di lakukan setiap bulanya
·         Menjadikan siswa yang pintar, berpengetahuan dan kreatif

Adapun visi laboratorium komputer yaitu Menciptakan iklim yang nyaman untuk mengoptimalkan laboratorium komputer dalam menunjang proses belajar mengajar di sekolah, demi terciptamya sumber daya manusia yang terampil, disiplin, bertanggung jawab dan berwawasan luas.















BAB II
PEMBAHASAN

A.     Konsep Laboratorium Komputer

Laboratorium komputer adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah yang berhubungan dengan ilmu komputer dan memiliki beberapa komputer dalam satu jaringan untuk penggunaan oleh kalangan tertentu. Berbeda dengan warung internet yang dalam penggunaannya lebih ditujukan untuk umum, Lab komputer biasa dijumpai di sekolah-sekolah, perkantoran, dan badan peneliti ilmiah. Lab komputer juga umumnya memiliki perangkat tambahan seperti pencetak dan pemindai untuk menunjang kebutuhan.

Adapun fungsi Laboratorium Komputer diantaranya :
• Pusat, praktik, latihan, penelitian dan sumber pembelajaran bagi siswa/i di sekolah
• pusat penelitian dan pengembangan bagi guru/pendidik di sekolah
• Pusat kegiatan akademik/pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
• Pusat layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi
• Layanan pengembangan wawasan dan keteramilan di bidang Teknologi Informasi dan  
   Komunikasi
• Penunjang pengembangan produk inovasi dan kreasi di  bidang Teknologi Informasi
   dan Komunikasi                    

Sarana yang lengkap dan menunjang tentunya jadi dambaan semua pengajar dan pengelola sekolah. Baik itu sekolah negeri maupun sekolah swasta. Berbagai upaya pun dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sarana yang dapat menunjang proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Sangat masuk akal memang, jika sebuah sekolah yang sudah lengkap sarananya, akan dapat meningkatkan mutu pendidikan di semua pelajaran. Pemerintah pun khususnya Dinas Pendidikan terus berupaya memenuhi semua kebutuhan di setiap sekolah. Salah satu bukti nyata adalah dengan memberikan bantuan-bantuan, diantaranya adalah laboratorium komputer. Jika keinginan untuk memiliki laboratorium sudah tercapai, lalu bagaimana memanfaatkanya? Akankah terbengkalai begitu saja? 
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengelola suatu laboratorium komputer adalah :
·         Harus ada pengurus yang benar-benar dapat mengelola Laboratorium Komputer. Biasanya Dalam suatu kepengurusannya terdapat beberapa unsur yang dilibatkan, seperti guru TIK, Laboran, Teknisi Komputer Dan Teknisi Jaringan. Unsur-unsur inilah yang nantinya akan bertanggung jawab sebagai pengelola laboratorium dibawah pengawasan kepala sekolah.
·         Tempat atau ruangan yang mendukung. Komputer merupakan barang yang sangat riskan dengan masalah cuaca. Penempatan Laboratorium harus benar-benar memperhatikan ini. Jika kondisi ruangan yang lembab sudah tentu akan berpengaruh pada usia komputer. Sebaiknya gunakan ruangan yang kering dan tidak bocor.  Kalau mampu dapat menggunakan AC sebagai penyejuk ruangan.
·         Keamanan. Setelah ruangan ada dan dianggap cocok, jangan lupa perhatikan juga keamanannya. Sebagai barang yang riskan harus benar-benar dijaga. Gunakan teralis yang kuat diseluruh ruangan. Bila perlu termasuk bagian atasnya diberi teralis juga.
·         Perawatan yang maksimal. Jika Laboratorium Komputer sudah mulai digunakan, jangan lupakan perawatannya, mengapa? Karena tanpa adanya perawatan yang berkelanjutan komputer sedikit demi sedikit akan berkurang karena rusak. Perawatan ini dapat berupa pemeriksaan rutin kondisi atau perbaikan hardware yang rawan eror. Tentunya kegiatan ini berhubungan dengan Bendahara Sekolah.
·         Daya listrik. Komputer yang banyak akan tetapi daya listriknya tidak memadai, maka komputer akan mengalami kerusakan yang sangat komplek. Biasanya akibat dari kekurangan daya listrik, satu persatu dan terus menerus komputer akan mengalami kerusakan. Nah...Untuk masalah ini lagi-lagi berhubungan dengan Bendahara Sekolah.
Ke lima poin diatas tersebut merupakan kebutuhan sebuah Laboratorium yang tidak bisa di tunda. Jika kebutuhannya belum terpenuhi maka akan timbul kerusakan mulai dari yang kecil sampai dengan total tidak bisa digunakan. 
           
Memanfaatkan Laboratorium Komputer secara maksimal adalah tugas dari pada pengelolanya. Dibawah ini ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk menunjang proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Seperti :
·         Gunakan Laboratorium untuk kegiatan praktek. Baik berupa pelajaran Microsoft Office atau pengenalan hardware. Yang perlu diperhatikan adalah, dalam kegiatan ini perlu adanya pengawasan yang benar baik itu oleh guru mata pelajaran atau oleh laboran. Karena dalam ruangan itu terdapat barang yang rawan rusak dan adanya aliran listrik.
·         Laboratorium bisa dugunakan untuk mata pelajaran yang lain, yang membutuhkan media pembelajaran Audio Visual. Tentunya pengelolanya harus mendampingi dalam penggunaannya.
·         Laboratorium dapat digunakan oleh anak didik yang sibuk dengan kegiatan OSIS. Contohnya dalam pembuatan surat menyurat dan keperluan lain yang berhubungan dengan kegiatan sekolah.
·         Laboratorium dapat digunakan sebagai sarana bimbingan belajar. Dimana waktunya dapat dilaksanakan diluar Kegiatan Belajar Mengajar.
·         Jika sudah terkoneksi dengan internet, dapat pula dimanfaatkan sebagai sebagai metode e-learning sebagai media pembelajaran. Dimana guru dan murid dapat terus berinteraksi setiap saat. Misalkan dengan memanfaatkan chating dan email sebagai media komunikasi antar guru dan murid.
·         Koneksi Internet yang baik memungkinkan sekolah dapat mengelola website di laboratorium komputer. Sehingga Profil  sekolah akan lebih mudah diakses oleh semua masyarakat umumnya, khususnya anak didik dan alumni.






B.      Perencanaan Lab Komputer

Rencana awal untuk membangun Laboratorium komputer adalah tempat yang sesuai, posisi yang memungkinkan proses belajar mengajar berlangsung tenang dan lain sebagainya.
Di bawah ini kami membuat sketsa tempat yang menurut kami cocok untuk laboratorium komputer dan dapat memungkinkan proses belajar mengajar berlangsung nyaman dan tenang.

·         Desain Laboratorium

as.bmp

Alasan Desain LAB tersebut dipilih adalah agar memudahkan Guru memonitoring siswa , dan dengan posisi desain tersebut, memungkinkan siswa belajar secara individual juga arah pintu yang berada disamping belakang meja guru membuat aktivitas belajar mengajar tidak terganggu, dan jika ada yang terlambat atau keluar ruangan memungkinkan siswa yang lain tidak terganggu.
Kelemahan desain : adapun kelemahan dalam desain yang kami buat yaitu leher siswa mudah leher mudah lelah dikarenakan posisi guru yang tepat di belakang, namun kelemahan itu bisa diatasi jika kursi siswa yang diduduki dapat berputar ( kursi putar )

TATA LETAK KOMPUTER
Posisi duduk                : Kursi ideal bisa berputar dan dapat diatur tinggi rendahnya
Posisi kaki                    : Siku kaki membentuk sudut tidak kurang dari 90 derajat
Posisi monitor             : Jarak mata dengan monitor 50-70cm, letak bagian tengah monitor antara 10- 23 cm di bawah mata.

            Untuk terjadinya sebuah laboratorium komputer seperti pada desain di atas, kita harus memperhatikan alat-alat yang akan digunakan dalam laboratorium komputer, diantaranya :
• Perangkat komputer 1 server, 19 client
1 server untuk guru dan 19 client untuk siswa, cukup ideal dalam laboratorium komputer, selain guru dapat memperhatikan apa yang siswa lakukan dengan komputernya, juga menjamin suasana belajar mengajar yang tidak terlalu bising.
• Sistem Operasi Win. 7
Kami memilim Win.7 sebagai sistem operasi karena selain Win.7 sistem operasi yang modern, juga memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh sistem lainya.

• Koneksi Internet Wireless
Agar memudahkan siswa mencari informasi, dan membuat forum jejaring social untuk proses belajar mengajar yang cenderung akan teknologi
• Meja dan kursi Komputer (kursi berputar)
            Kursi berputar akan mengurangi efek kelelahan leher terhadap siswa dan guru
• Buku komputer dan panduan, modul pembelajaran, CD interaktif
Sebagai teori dan pengetahuan untuk para siswa agar mereka tahu apa yang harus dilakukan di depan komputer dan bagaimana cara menggunakan komputer secara baik dan benar
• Proyektor
• Peralatan teknisi
Sebagai penjaga saat terjadinya kerusakan terhadap komputer, alat-alat tekhnisi sangat penting berada di laboratorium komputer
• Hardware cadangan
• Software pendukung : Microsoft Office, Antivirus, Google Chrome, Adobe Photoshop,  
   Adobe Premier, Adobe Falsh, SPSS, notepad, Corel Draw dan lain - lain.
            Sebuah laboratorium komputer harus memiliki software-software yang memang sebagai penunjang berjalanya proses belajar mengajar, juga sebagai edukasi untuk siswa agar lebih banyak tahu dan mengerti tentang apa yang mereka pelajari dalam buku maupun dalam CD interaktif
• Buku Inventaris Lab dan Buku kronologis lab
• Karpet

C.      Pengelolaan Laboratorium Komputer
Laboratorium komputer harus mempunyai pengelola yang akan mengurus dan menjaga laboratorium agar terjauh dari hal-hal yang tidak diinginkan, juga agar laboratorium komputer berjalan dengan ketentuan yang telah ditetapkan dan tata tertib yang telah dibuat.
     Adapun struktur organisasi Laboratorium komputer dan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh para pengelola Laboratorium Komputer , diantaranya :




·         Struktur Organisasi Lab. Komputer

Koordinator Laboratorium (Korlab) bertanggungjawab untuk mengkoordinasikan seluruh Laboratorium yang ada di sekolah (Lab IPA, Lab Bahasa, Lab Komputer dll). Pada praktiknya, jabatan korlab bisa diberikan kepada wakil kepala sekolah urusan sarana prasarana.
Kepala Laboratorium (Kalab) bertanggungjawab untuk mengelola salah satu laboratorium yang ada di sekolah. Syarat minimal yang harus dimiliki oleh seorang kalab adalah memiliki bidang ilmu yang sesuai dengan laboratorium yang akan dikepalainya. Teknisi bertugas membantu kalab terutama dalam mempersiapkan alat dan bahan praktikum, serta pemeliharaan alat dan bahan. Sebaiknya teknisi dipilih SDM yang menguasai bidang ilmu yang relefan dengan laboratorium terkait. Laboran bertugas membantu kalab terutama dalam hal administrasi dan penyelenggaraan praktikum sehari-hari. Pada praktiknya teknisi dan laboran seringkali dijabat oleh orang yang sama.
Secara lebih terperinci, berikut disajikan job description kalab dan Teknisi / Laboran Laboratoirum komputer
A. Job Description Kalab Komputer:
1.Merencanakan dan mengadakan alat dan bahan untuk kegiatan praktikum,
2.Menginventarisasi alat dan bahan di laboratorium,
3.Melaksanakan perbaikan dan pemeliharaan fasilitas dan alat di laboratorium,
4.Mengembangkan tim untuk kemajuan laboratorium,
5.Mengembangkan kerjasama dengan pihak luar untuk pemenfaatan dan peningkatan 
   fasilitas laboratorium
B.Job Description Teknisi/Laboran Lab Komputer :
1.Membantu kerja penanggungjawab laboratorium secara teknis
2.Mendata kebutuhan bahan dan alat untuk kegiatan praktikum
3.Mengusulkan kebutuhan bahan dan alat untuk kegiatan praktikum kepada kalab
4.Membantu guru dalam menyiapkan pelaksanaan kegiatan praktikum
5.Mendata dan mengatur penggunaan alat dan bahan untuk kegiatan praktikum,
6.Menjaga kebersihan dan keamanan laboratorium yang menjadi tanggungjawabnya

Adapun Tata Tertib Laboratorium Komputer antara lain :

·         Siswa dilarang menggunakan komputer tanpa seijin guru/petugas
·         Siswa menjaga kebersihan selama di ruangan lab komputer
·         Siswa dilarang membuat kegaduhan, ribut/bermain-main selama berada di ruangan lab komputer
·         Siswa dilarang merubah atau menghapus program-program yang ada di dalam komputer tanpa seijin dari guru/petugas

Di dalam laboratorium komputer pastinya kita akan bertemu software-software untuk keberlangsungan aktivitas belajar mengajar. Kita harus mengenal apa saja dan untuk apa software-software itu sehingga berada di laboratorium komputer, berikut adalah beberapa pengenalan tentang software-software yang terdapat di laboratorium komputer.

Line Art
Yaitu format gambar terkecil, karena hanya informasi hitam dan putih yang disimpan. Komputer akan merepresentasikan hitam dengan 1 dan putih dengan 0.  Format ini hanya membutuhkan data sebanyak 1-bit untuk menyimpan titik hitam dan putih dari image yang di scan. Format ini berguna ketika kita akan  menscan teks atau garis.

Halftone
Yaitu komputer dapat menyimpan dan memperlihatkan image berbentuk  arsiran, tapi kebanyakan printer tidak. Untuk itu digunakan trik yang disebut halftoning, yaitu menggunakan  pola berupa titik yang akan terlihat seperti arsiran.

Grayscale (arsiran)
Adalah image yang memiliki ukuran yang terkecil yang bisadisimpan di computer. Manusia mampu membedakan sekitar 255 arsiran yang berbeda. Gambar yang menggunakan metode arsiran disebut juga gambar hitam- putih.

True colour 
Adalah image terbesar dan terkompleks yang bisa disimpan.Komputer menggunakan 8-bit (1 byte) untuk merepresentasikan tiap komponenwarna (merah, hijau, biru). Jadi untuk merepresentasikan seluruh spektrum warna membutuhkan sebesar 24-bit.

Format File
Format file yang digunakan untuk menyimpan image yang telah di-scan sangat mempengaruhi ukuran  file. Ukuran file sangat penting, karena untuk menyimpan file hasil scan dengan resolusi tinggi diperlukan ukuran file sebesar 30 MB pada ukuran A4. Untuk menyimpan hasil scanning ada beberapa format file yang digunakan pada komputer, antara lain sebagai berikut.

Bitmap
(BMP)  – adalah format file terbesar, karena file ini akan menyimpan seluruh warna tanpa kompresi, atau dalam 256 warna dengan kompresi run-lengthencoding (RLE) yang sederhana. File jenis ini biasanya digunakan sebagaiwallpaper pada windows.

Tagged Image File Format 
(TIFF) – adalah format file yang sangat fleksibel karena dapat menyimpan gambar dalam mode RGB untuk tampilan di komputer,maupun mode CMYK untuk pencetakan gambar. File dengan format TIFF jugamendukung kompresi LZW, yang berguna untuk mengurangi ukuran file tanpaharus kehilangan kualitas.

Compuserve’s Graphics Interchange(GIF)
Adalah file yang menggunakan 256 warna pada tiap gambar. File GIF adalah file terkecil di antara yang lain, karena adanya pengurangan kedalaman warna. Format file ini sangat cocok digunakan pada pembuatan website.

PC painbrush
(PCX)  – format file ini mampu mengkompres file dengan format 24-bit. Format file ini biasa digunakan untuk melihat image secara online.
Ketika sebuah halaman di-scan, PC akan merekamnya sebagai file elektronik  yang terbuat dari titik kecil atau pixel. Komputer tidak bisa mengenali file tersebutsebagai text, tapi sebagai gambar text. Sebuah software pengolah  kata tidak mampu mengedit file gambar. Agar dapat mengubah pixel ke dalam text yang dapat diedit diperlukan suatu proses yang kompleks yang disebut OCR.
Cara kerja OCR adalah teknik yang disebut matrix atau pencocokan pola. OCR akan menyimpan data tentang bentuk tiap karakter pada programnya. Ketikasebuah text di-scan, OCR akan mencocokkan tiap karakter yang di-scan dengan bentuk karakter pada database OCR. Kini ditemukan sistem yang mampu mengenali tidak hanya tiap karakter tetapi akan mengenali tiap kata yang di-scan. Program ini disebut (POWR atau Predictive Optical Word Recognition). POWR menggunakan algoritma matematika yang canggih yang membuat komputer mampu memprediksikan kata yang di scan.

Webcam HD
Perangkat webcam diperlukan dalam sebuah laboratorium komputer untuk proses praktikum jarak jauh. Kamera web atau kamera ramatraya (bahasa Inggris: webcam, singkatan dari webdan camera) adalah sebutan bagi kamera waktu-nyata (bermakna keadaan padasaat ini juga) yang gambarnya bisa dilihat melalui Waring Wera Wanua, program pengolah pesan cepat, atau aplikasi pemanggilan video. Istilah kamera ramatraya merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata ramatraya kadang-kadangdiganti dengan kata lain yang memerikan pemandangan yang ditampilkan dikamera, misalnya Street Cam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan perdesaan,TraffiCam yang digunakan untuk memantau keadaan jalan raya, cuaca denganWeather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Kameraramatraya adalah sebuah kamera video bergana (digital) kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) colokan USB atau pun colokan COM.
Sejarah Perkembangan Webcam
Pada awalnya, bentuk web camera terbatas pada bentuk-bentuk standar yanghanya terdiri dari lensa dan papan sirkuit serta casing yang biasa. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, bentuk web camera pun sudah makin bervariasi.
Adapun software – software yang sering kita jumpai di dalam komputer, berikut beserta kegunaanya:
Adobe Photoshop = untuk editing gambar/foto atau untuk mendisain website
CorelDraw = untuk mendisain gambar
Picasa = untuk editing foto
Macromedia Flash = untuk membuat gambar animasi
Dreamweaver = untuk membuat website/ blog
Adobe Reader = untuk membaca ebook digital berformat Pdf
Photoscape = untuk pengeditan foto
Noiseware Professional = untuk membersihkan noise pada foto
Mozilla Firefox = untuk browser internet
Google Crome = untuk browser internet
Cool Edit Pro = untuk ngedit lagu atau untuk memotong dan menggabungkan lagu
Eset Nod32 = software anti virus terbaik
Microsof Office Word = untuk pengetikan data
Microsof Office Excel = untuk pengetikan dan membuat table
Microsoft Power Point = untuk membuat karya tulis
Quicktime = software untuk memutar file quicktime
dbpowerAMP Music Conventer = untuk mengkompres lagu
CCleaner = untuk membersihkan file-file yang tidak terpakai yang sudah lama dihapus
Nero = untuk burning CD/DVD
Winrar = untuk membuka file rar
Shadow Defender = untuk memproteksi komputer
Winamp = untuk memutar musik/lagu
Adobe Flash Player = untuk menunjang pemutaran lagu atau video
K-Lite Codec Pack = untuk memutar file video
IDM (Internet Download Manager) = untuk mempercepat proses download
Macromedia Flash Player = software pemutar file-file flash
Easy GIF Animator Pro = untuk  membuat  gambar bergerak/animasi berformat gif
Pinacle Studio = untuk editing video
PDF Password Remover = untuk menghilangkan password file pdf yang diproteksi
ACDSee Photo Manager = untuk pengaturan foto digital
TuneUp Utilities = untuk membuat kinerja komputer lebih cepat
Web Button Maker = untuk membuat tombol navigasi pada website/blog
Autocad = untuk mendisain gambar konstruksi
Ulead Gif Animator = untuk membuat animasi Gif
Product Key Explorer = untuk mendeteksi serial number software yang ada di komputer
Magic ISO Maker = membuat file iso yang digunakan untuk virtual drive
CoffeeCup Web Video Player = untuk membuat video player pada website
Ashampoo PhotoCommander = untuk pengaturan foto digital
WinRAR Cracker = untuk meng-crack winrar
Folder Lock = untuk mengunci folder / direktori
Xing MPEG Player = untuk memutar CD/VCD
Drive Blocker = untuk memproteksi drive
Winzip =  untuk kompres file
Microsoft Web Publishing = untuk mengirim data website ke internet
PowerDVD = untuk memutar video
Quick Media Converter = Converter Audio File
SoundForge = untuk mengedit file-file audio

D.     Program Kerja

No
Bentuk Program
Target
Waktu
1
Penataan Administrasi laboratorium komputer
Administrasi laboratorium komputer tertata dengan baik
Setiap Hari
2
Pendataan /inventarisasi laboratorium komputer
Mengetahui data alat, bahan, dan barang yang ada di laboratorium sebagai informasi bagi sekolah dan instansi yang berkepentingan
1 bulan sekali
3
Perawatan Komputer
Semua peralatan dapat berfungsi dengan baik
1bulan sekali
4
Praktikum
Siswa dan guru dapat mempraktekkan teori pelajaran di kelas sehingga meningkatkan penguasaan dan keterampilan terhadap materi yang telah dipelajari
Sesuai Jadwal
5
Pengelolaan web sekolah
Guru, karyawan, Siswa, dan wali murid dapat mengakses informasi kegiatan sekolah dan lainnya
Menyesuaikan





E.      Anggaran Dana
Dibawah ini adalah perincian anggaran dana yang diperlukan untuk membangun laboratorium komputer adalah sebagai berikut :
Nama Barang
Jml
Satuan
Harga Satuan
Jml Harga
Komputer PC Pentium 4 Intel terinstall Program Komputer Akuntansi + Jaringan
20
Unit
Rp. 3.000.000
Rp. 60.000.000
LCD Merk In Focus Lengkap
1
Set
Rp. 8.000.000
Rp.   8.000.000
Printer
2
Unit
Rp. 1.500.000
Rp.   3.000.000
Pendingin Ruangan ( AC )
1
Unit
Rp. 2.000.000
Rp.   2.000.000
Speaker Studio Visual
1
Unit
Rp. 2.000.000
Rp.   2.000.000
Meja Guru
1
Unit
Rp.    800.000
Rp.       800.000
Kursi Putar
20
Unit
Rp.    500.000
Rp. 10.000.000
Wireless router 10GB/s
1
Set
Rp. 2.500.000
Rp.    2.500.000
Karpet
1
Unit
Rp. 1.000.000
Rp.    1.000.000
TOTAL
Rp. 89.300.000




BAB III
KESIMPULAN

            Pada pembahasan di atas dapat di simpulkan bahwa seiring berjalanya waktu dan berkembangnya jaman, kita saksikan bahwa kemajuan teknologi sangat pesat hingga saat ini, terutama dalam bidang pendidikan, pentingnya teknologi bukan hanya sebagai gaya hidup semata, namun juga dapat berguna sebagai alat bantu khususnya untuk kita sebagai pelajar yang mencari ilmu.
            Kenyataan yang ada bahwa laboratorium komputer menjadi bahan utama untuk proses belajar mengajar, banyak kita jumpai di semua universitas ataupun sekolah menengah. Namun banyak yang belum mengerti apa yang harus kita manfaatkan dalam laboratorium komputer tersebut. Dengan mengenal laboratorium komputer dan mengenal apa yang ada dalam laboratorium komputer, dapat menjadi bekal untuk kita agar dapat memanfaatkan fasilitas yang ada untuk mencapai kualitas dan kreativitas pada diri kita.
            Dan pada pembahasan di atas di lampirkan anggaran yang dibutuhkan untuk mencapai laboratorium komputer yang berkualitas standar adalah cukup banyak. Sehingga kita sebagai pemakai / pengguna laboratorium komputer harus bias menjaga baik-baik apa yang ada di laboratorium tersebut, juga dengan adanya struktur organisasi laboratorium mengharuskan kita menghormatinya dan mentaati peraturan yang telah ditetapkan dalam laboratorium komputer.
            Hal lain yang dapat diambil dalam pembahasan diatas adalah bagaimana cara kita merencanakan dan mengelola laboratorium komputer agar menjadi laboratorium yang nyaman dan standar untuk proses belajar mengajar. Dan sebelum kita menggunakan komputer baiknya kita mengenal dahulu apa yang ada dalam komputer tersebut dan bagaimana kegunaan dan cara menggunakanya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer