PENGENALAN LAB KOMPUTER
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dengan berkembangnya jaman,
kita sebagai manusia harus belajar hidup berdampingan dengan yang namanya
teknologi. Begitu pentingnya teknologi, manusia pada saat ini menjalani setiap
detiknya, hampir dengan teknologi. Teknologi mampu menjadi faktor pembantu
dalam segala hal terutama dalam bidang pendidikan.
Salah satu arus utama yang
mengalir pada dunia pendidikan kita saat ini adalah “Bagaimana mengoptimalkan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam membantu proses pembelajaran di
sekolah?” Hal ini tidak berlebihan,mengingat saat ini dunia pendidikan “hidup”
di tengah-tengah arus informasi dan komunikasi yang begitu cepat. Bukan
bermaksud latah, namun jika kita tidak ingin ketinggalan, maka mau tidak mau
kita harus mengoptimalkan TIK dalam prosespembelajaran di sekolah. Salah satu
komponen yang sangat menentukan dalam upaya optimalisasi TIK sebagai alat bantu
pembelajaran adalah keberadaan Laboratorium Komputer. Laboratorium komputer,
sebagaimana yang diatur dalam Permendiknas No 24 Tahun 2007 tentang standar
sarana dan prasarana sekolah, berfungsi sebagai tempat mengembangkan
keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, kita
juga memanfaatkan laboratorium komputer untuk membantu proses pembelajaran di
berbagai bidang ilmu, bukan hanya TIK, namun juga IPA, IPS, Bahasa dan
sebagainya. Mengingat pentingnya peranan laboratorium komputer dalam mengembangkan
keterampilan TIK dan dalam akselerasi proses pembelajaran,maka perlu dilakukan
upaya manajemen laboratorium komputer yang baik untuk mendukung peran dan
fungsi laboratorium secara optimal.
Makalah ini akan mencoba
membahas tentang pengelolaan Laboratorium Komputer , Perencanaan Laboratorium, Penataan
Laboratorium, Standar pearalatan Laboratorium hingga berbagai permasalahan yang
sering dihadapi dalam pengelolaan laboratorium komputer.
B.
RUMUSAN MASALAH
a.
Apa itu Laboratorium Komputer ?
b.
Bagaimana perencanaan dan pengelolaan Laboratorium Komputer ?
c.
Apa saja yang di butuhkan untuk membangun Laboratorium Komputer ?
d.
Siapa saja yang mampu mengelola Lab Komputer ?
e.
Berapa anggaran yang dibutuhkan untuk membangun Laboratorium Komputer ?
C.
Tujuan dan Manfaat
Tujuan :
·
Mewujudkan program yang menjadikan laboratorium sebagai pusat Teknologi
Informasi dan Komunikasi
·
Menjadikan laboratorium sebagai sumber belajar bagi siswa dan pusat
penelitian serta pengembangan bagi pendidik atau guru
·
Menyiapkan siswa yang terampil dan berwawasan luas di bidang Teknologi
Informasi dan Komunikasi
·
Menumbuhkan sikap profesionalisme dan etos kerja yang disiplin pada
seluruh warga sekolah dalam pemanfaatan
Teknologi Informasi dan Komunikasi
·
Menjadikan siswa yang kreatif di bidang teknologi dan mampu
mengembangkan bahkan menciptakan teknologi hasil sendiri
·
Memanfaatkan kemajuan teknologi untuk bidang pendidikan agar siswa
lebih banyak wawasan dan pengetahuan di masa depan
·
meningkatkan keahlian dalam menggunakan komputer sebagai alat untuk
menciptakan efisiensi dan efektifitas kerja.
Manfaat :
·
Proses belajar mengajar menjadi nyaman dan efektik
·
Memudahkan siswa untuk langsung praktek akan materi yang diberikan
·
Mempercepat kinerja siswa dengan setiap praktek yang rutin di lakukan
setiap bulanya
·
Menjadikan siswa yang pintar, berpengetahuan dan kreatif
Adapun visi laboratorium komputer yaitu Menciptakan iklim yang
nyaman untuk mengoptimalkan laboratorium komputer dalam menunjang proses
belajar mengajar di sekolah, demi terciptamya sumber daya manusia yang
terampil, disiplin, bertanggung jawab dan berwawasan luas.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Konsep Laboratorium Komputer
Laboratorium komputer adalah
tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah yang
berhubungan dengan ilmu komputer dan memiliki beberapa komputer dalam satu
jaringan untuk penggunaan oleh kalangan tertentu. Berbeda dengan warung
internet yang dalam penggunaannya lebih ditujukan untuk umum, Lab komputer
biasa dijumpai di sekolah-sekolah, perkantoran, dan badan peneliti ilmiah. Lab
komputer juga umumnya memiliki perangkat tambahan seperti pencetak dan pemindai
untuk menunjang kebutuhan.
Adapun fungsi Laboratorium
Komputer diantaranya :
• Pusat, praktik, latihan,
penelitian dan sumber pembelajaran bagi siswa/i di sekolah
• pusat penelitian dan
pengembangan bagi guru/pendidik di sekolah
• Pusat kegiatan
akademik/pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
• Pusat layanan Teknologi
Informasi dan Komunikasi
• Layanan pengembangan
wawasan dan keteramilan di bidang Teknologi Informasi dan
Komunikasi
• Penunjang pengembangan
produk inovasi dan kreasi di bidang
Teknologi Informasi
dan
Komunikasi
Sarana yang lengkap dan
menunjang tentunya jadi dambaan semua pengajar
dan pengelola sekolah. Baik itu sekolah negeri maupun sekolah swasta.
Berbagai upaya pun dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sarana yang dapat
menunjang proses Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM). Sangat masuk akal memang, jika sebuah sekolah yang sudah
lengkap sarananya, akan dapat meningkatkan mutu pendidikan di semua pelajaran.
Pemerintah pun khususnya Dinas
Pendidikan terus berupaya memenuhi semua kebutuhan di setiap sekolah.
Salah satu bukti nyata adalah dengan memberikan bantuan-bantuan, diantaranya
adalah laboratorium komputer. Jika
keinginan untuk memiliki laboratorium sudah tercapai, lalu bagaimana
memanfaatkanya? Akankah terbengkalai begitu saja?
Beberapa hal yang harus
diperhatikan dalam mengelola suatu laboratorium komputer adalah :
·
Harus ada pengurus
yang benar-benar dapat mengelola Laboratorium Komputer. Biasanya Dalam suatu
kepengurusannya terdapat beberapa unsur yang dilibatkan, seperti guru TIK,
Laboran, Teknisi Komputer Dan Teknisi Jaringan. Unsur-unsur inilah yang
nantinya akan bertanggung jawab sebagai pengelola laboratorium dibawah
pengawasan kepala sekolah.
·
Tempat
atau ruangan yang mendukung. Komputer merupakan barang yang sangat
riskan dengan masalah cuaca. Penempatan Laboratorium harus benar-benar
memperhatikan ini. Jika kondisi ruangan yang lembab sudah tentu akan
berpengaruh pada usia komputer. Sebaiknya gunakan ruangan yang kering dan tidak
bocor. Kalau mampu dapat menggunakan AC sebagai penyejuk ruangan.
·
Keamanan. Setelah ruangan ada dan
dianggap cocok, jangan lupa perhatikan juga keamanannya. Sebagai barang yang
riskan harus benar-benar dijaga. Gunakan teralis yang kuat diseluruh ruangan.
Bila perlu termasuk bagian atasnya diberi teralis juga.
·
Perawatan
yang maksimal. Jika Laboratorium Komputer sudah mulai digunakan, jangan
lupakan perawatannya, mengapa? Karena tanpa adanya perawatan yang berkelanjutan
komputer sedikit demi sedikit akan berkurang karena rusak. Perawatan ini dapat
berupa pemeriksaan rutin kondisi atau perbaikan hardware yang rawan eror.
Tentunya kegiatan ini berhubungan dengan Bendahara Sekolah.
·
Daya listrik. Komputer yang banyak akan
tetapi daya listriknya tidak memadai, maka komputer akan mengalami kerusakan
yang sangat komplek. Biasanya akibat dari kekurangan daya listrik, satu persatu
dan terus menerus komputer akan mengalami kerusakan. Nah...Untuk masalah ini
lagi-lagi berhubungan dengan Bendahara Sekolah.
Ke lima poin diatas tersebut merupakan kebutuhan
sebuah Laboratorium
yang tidak bisa di tunda. Jika kebutuhannya belum terpenuhi maka akan timbul
kerusakan mulai dari yang kecil sampai dengan total tidak bisa digunakan.
Memanfaatkan Laboratorium
Komputer secara maksimal adalah tugas dari pada pengelolanya. Dibawah ini ada
beberapa langkah yang dapat diambil untuk menunjang proses Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM). Seperti :
·
Gunakan Laboratorium untuk kegiatan praktek. Baik berupa pelajaran Microsoft Office
atau pengenalan hardware. Yang perlu diperhatikan adalah, dalam kegiatan ini
perlu adanya pengawasan yang benar baik itu oleh guru mata pelajaran atau oleh
laboran. Karena dalam ruangan itu terdapat barang yang rawan rusak dan adanya
aliran listrik.
·
Laboratorium bisa dugunakan untuk mata pelajaran yang lain, yang
membutuhkan media pembelajaran Audio Visual. Tentunya pengelolanya harus
mendampingi dalam penggunaannya.
·
Laboratorium dapat digunakan oleh anak didik yang sibuk dengan kegiatan
OSIS. Contohnya dalam pembuatan surat menyurat dan keperluan lain yang
berhubungan dengan kegiatan sekolah.
·
Laboratorium dapat digunakan sebagai sarana bimbingan belajar. Dimana
waktunya dapat dilaksanakan diluar Kegiatan Belajar Mengajar.
·
Jika sudah terkoneksi dengan internet, dapat pula dimanfaatkan sebagai
sebagai metode e-learning
sebagai media pembelajaran. Dimana guru dan murid dapat terus
berinteraksi setiap saat. Misalkan dengan memanfaatkan chating dan email
sebagai media komunikasi antar guru dan murid.
·
Koneksi Internet yang baik memungkinkan
sekolah dapat mengelola website di laboratorium komputer. Sehingga Profil
sekolah akan lebih mudah diakses oleh semua masyarakat umumnya, khususnya anak
didik dan alumni.
B. Perencanaan Lab Komputer
Rencana awal untuk membangun
Laboratorium komputer adalah tempat yang sesuai, posisi yang memungkinkan
proses belajar mengajar berlangsung tenang dan lain sebagainya.
Di bawah ini kami membuat
sketsa tempat yang menurut kami cocok untuk laboratorium komputer dan dapat
memungkinkan proses belajar mengajar berlangsung nyaman dan tenang.
·
Desain Laboratorium
Alasan Desain LAB tersebut
dipilih adalah agar memudahkan Guru memonitoring siswa , dan dengan posisi
desain tersebut, memungkinkan siswa belajar secara individual juga arah pintu
yang berada disamping belakang meja guru membuat aktivitas belajar mengajar
tidak terganggu, dan jika ada yang terlambat atau keluar ruangan memungkinkan
siswa yang lain tidak terganggu.
Kelemahan desain : adapun
kelemahan dalam desain yang kami buat yaitu leher siswa mudah leher mudah lelah
dikarenakan posisi guru yang tepat di belakang, namun kelemahan itu bisa
diatasi jika kursi siswa yang diduduki dapat berputar ( kursi putar )
TATA LETAK KOMPUTER
Posisi duduk
: Kursi ideal bisa
berputar dan dapat diatur tinggi rendahnya
Posisi kaki : Siku kaki membentuk sudut
tidak kurang dari 90 derajat
Posisi monitor
: Jarak mata dengan monitor
50-70cm, letak bagian tengah monitor antara 10- 23 cm di bawah mata.
Untuk
terjadinya sebuah laboratorium komputer seperti pada desain di atas, kita harus
memperhatikan alat-alat yang akan digunakan dalam laboratorium komputer,
diantaranya :
• Perangkat komputer 1
server, 19 client
1 server untuk
guru dan 19 client untuk siswa, cukup ideal dalam laboratorium komputer, selain
guru dapat memperhatikan apa yang siswa lakukan dengan komputernya, juga
menjamin suasana belajar mengajar yang tidak terlalu bising.
• Sistem Operasi Win. 7
Kami memilim
Win.7 sebagai sistem operasi karena selain Win.7 sistem operasi yang modern,
juga memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh sistem lainya.
• Koneksi Internet Wireless
Agar memudahkan
siswa mencari informasi, dan membuat forum jejaring social untuk proses belajar
mengajar yang cenderung akan teknologi
• Meja dan kursi Komputer
(kursi berputar)
Kursi berputar akan mengurangi efek kelelahan leher
terhadap siswa dan guru
• Buku komputer dan panduan,
modul pembelajaran, CD interaktif
Sebagai teori
dan pengetahuan untuk para siswa agar mereka tahu apa yang harus dilakukan di
depan komputer dan bagaimana cara menggunakan komputer secara baik dan benar
• Proyektor
• Peralatan teknisi
Sebagai penjaga
saat terjadinya kerusakan terhadap komputer, alat-alat tekhnisi sangat penting
berada di laboratorium komputer
• Hardware cadangan
• Software pendukung : Microsoft
Office, Antivirus, Google Chrome, Adobe Photoshop,
Adobe Premier, Adobe Falsh, SPSS, notepad, Corel
Draw dan lain - lain.
Sebuah laboratorium komputer harus memiliki
software-software yang memang sebagai penunjang berjalanya proses belajar
mengajar, juga sebagai edukasi untuk siswa agar lebih banyak tahu dan mengerti
tentang apa yang mereka pelajari dalam buku maupun dalam CD interaktif
• Buku Inventaris Lab dan
Buku kronologis lab
• Karpet
C.
Pengelolaan
Laboratorium Komputer
Laboratorium komputer harus
mempunyai pengelola yang akan mengurus dan menjaga laboratorium agar terjauh
dari hal-hal yang tidak diinginkan, juga agar laboratorium komputer berjalan
dengan ketentuan yang telah ditetapkan dan tata tertib yang telah dibuat.
Adapun struktur organisasi Laboratorium komputer dan tugas-tugas
yang harus dilakukan oleh para pengelola Laboratorium Komputer , diantaranya :
·
Struktur Organisasi Lab.
Komputer
Koordinator
Laboratorium (Korlab) bertanggungjawab untuk mengkoordinasikan seluruh
Laboratorium yang ada di sekolah (Lab IPA, Lab Bahasa, Lab Komputer dll). Pada
praktiknya, jabatan korlab bisa diberikan kepada wakil kepala sekolah urusan
sarana prasarana.
Kepala
Laboratorium (Kalab) bertanggungjawab untuk mengelola salah satu laboratorium
yang ada di sekolah. Syarat minimal yang harus dimiliki oleh seorang kalab
adalah memiliki bidang ilmu yang sesuai dengan laboratorium yang akan
dikepalainya. Teknisi bertugas membantu kalab terutama dalam mempersiapkan alat
dan bahan praktikum, serta pemeliharaan alat dan bahan. Sebaiknya teknisi
dipilih SDM yang menguasai bidang ilmu yang relefan dengan laboratorium
terkait. Laboran bertugas membantu kalab terutama dalam hal administrasi dan
penyelenggaraan praktikum sehari-hari. Pada praktiknya teknisi dan laboran
seringkali dijabat oleh orang yang sama.
Secara
lebih terperinci, berikut disajikan job description kalab dan Teknisi / Laboran
Laboratoirum komputer
A.
Job Description Kalab Komputer:
1.Merencanakan dan mengadakan alat dan bahan untuk
kegiatan praktikum,
2.Menginventarisasi alat dan bahan di laboratorium,
3.Melaksanakan perbaikan dan pemeliharaan fasilitas
dan alat di laboratorium,
4.Mengembangkan tim untuk kemajuan laboratorium,
5.Mengembangkan kerjasama dengan pihak luar untuk
pemenfaatan dan peningkatan
fasilitas laboratorium
B.Job
Description Teknisi/Laboran Lab Komputer :
1.Membantu kerja penanggungjawab laboratorium secara
teknis
2.Mendata kebutuhan bahan dan alat untuk kegiatan praktikum
3.Mengusulkan kebutuhan bahan dan alat untuk kegiatan praktikum
kepada kalab
4.Membantu guru dalam menyiapkan pelaksanaan kegiatan praktikum
5.Mendata dan mengatur penggunaan alat dan bahan untuk
kegiatan praktikum,
6.Menjaga kebersihan dan keamanan laboratorium yang
menjadi tanggungjawabnya
Adapun
Tata Tertib Laboratorium Komputer antara lain :
·
Siswa dilarang menggunakan komputer tanpa seijin guru/petugas
·
Siswa menjaga kebersihan selama di ruangan lab komputer
·
Siswa dilarang membuat kegaduhan, ribut/bermain-main selama berada di
ruangan lab komputer
·
Siswa dilarang merubah atau menghapus program-program yang ada di dalam
komputer tanpa seijin dari guru/petugas
Di dalam laboratorium komputer pastinya kita akan bertemu
software-software untuk keberlangsungan aktivitas belajar mengajar. Kita harus
mengenal apa saja dan untuk apa software-software itu sehingga berada di
laboratorium komputer, berikut adalah beberapa pengenalan tentang
software-software yang terdapat di laboratorium komputer.
Line Art
Yaitu format gambar terkecil, karena hanya informasi
hitam dan putih yang disimpan. Komputer akan
merepresentasikan hitam dengan 1 dan putih dengan 0. Format ini hanya membutuhkan data sebanyak
1-bit untuk menyimpan titik hitam dan putih dari image yang di scan. Format ini
berguna ketika kita akan menscan teks
atau garis.
Halftone
Yaitu
komputer dapat menyimpan dan memperlihatkan
image berbentuk arsiran, tapi kebanyakan printer tidak. Untuk itu
digunakan trik yang disebut halftoning, yaitu menggunakan pola berupa titik yang akan terlihat seperti
arsiran.
Grayscale (arsiran)
Adalah image yang memiliki ukuran yang terkecil yang
bisadisimpan di computer. Manusia mampu membedakan
sekitar 255 arsiran yang berbeda. Gambar yang menggunakan metode
arsiran disebut juga gambar hitam- putih.
True
colour
Adalah image terbesar dan terkompleks yang bisa
disimpan.Komputer menggunakan 8-bit (1
byte) untuk merepresentasikan tiap komponenwarna (merah, hijau, biru).
Jadi untuk merepresentasikan seluruh spektrum warna membutuhkan sebesar 24-bit.
Format File
Format file yang digunakan untuk menyimpan image yang
telah di-scan sangat mempengaruhi ukuran file. Ukuran file sangat penting, karena
untuk menyimpan file hasil scan dengan
resolusi tinggi diperlukan ukuran file sebesar 30 MB pada ukuran A4. Untuk menyimpan hasil scanning ada
beberapa format file yang digunakan pada komputer, antara lain sebagai
berikut.
Bitmap
(BMP) – adalah format file terbesar, karena
file ini akan menyimpan seluruh warna tanpa kompresi, atau dalam 256 warna
dengan kompresi run-lengthencoding (RLE)
yang sederhana. File jenis ini biasanya digunakan sebagaiwallpaper pada
windows.
Tagged
Image File Format
(TIFF) –
adalah format file yang sangat fleksibel karena dapat menyimpan gambar dalam
mode RGB untuk tampilan di komputer,maupun
mode CMYK untuk pencetakan gambar. File dengan format TIFF jugamendukung
kompresi LZW, yang berguna untuk mengurangi ukuran file tanpaharus
kehilangan kualitas.
Compuserve’s
Graphics Interchange(GIF)
Adalah file yang menggunakan 256 warna pada
tiap gambar. File GIF adalah file terkecil di antara yang lain, karena adanya pengurangan kedalaman warna. Format file ini
sangat cocok digunakan pada pembuatan website.
PC painbrush
(PCX) – format file ini mampu mengkompres
file dengan format 24-bit. Format file ini biasa digunakan untuk melihat image
secara online.
Ketika
sebuah halaman di-scan, PC akan
merekamnya sebagai file elektronik yang terbuat dari titik kecil
atau pixel. Komputer tidak bisa mengenali file tersebutsebagai text, tapi sebagai gambar text. Sebuah software pengolah kata tidak mampu mengedit file gambar. Agar dapat mengubah
pixel ke dalam text yang dapat diedit diperlukan suatu proses yang
kompleks yang disebut OCR.
Cara
kerja OCR adalah teknik yang disebut matrix atau pencocokan pola. OCR akan
menyimpan data tentang bentuk tiap karakter pada programnya. Ketikasebuah text di-scan, OCR akan
mencocokkan tiap karakter yang di-scan dengan bentuk karakter pada database
OCR. Kini ditemukan sistem yang mampu mengenali tidak hanya tiap karakter
tetapi akan mengenali tiap kata yang di-scan. Program ini disebut (POWR
atau Predictive Optical Word Recognition). POWR menggunakan algoritma matematika yang canggih yang
membuat komputer mampu memprediksikan kata yang di scan.
Webcam HD
Perangkat
webcam diperlukan dalam sebuah laboratorium komputer untuk
proses praktikum jarak jauh. Kamera web atau kamera ramatraya (bahasa
Inggris: webcam, singkatan dari webdan
camera) adalah sebutan bagi kamera waktu-nyata (bermakna keadaan padasaat
ini juga) yang gambarnya bisa dilihat melalui Waring Wera Wanua,
program pengolah pesan cepat, atau aplikasi pemanggilan video. Istilah
kamera ramatraya merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata ramatraya
kadang-kadangdiganti dengan kata lain yang
memerikan pemandangan yang ditampilkan dikamera, misalnya Street Cam
yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan
perdesaan,TraffiCam yang digunakan untuk memantau keadaan jalan raya, cuaca
denganWeather Cam, bahkan keadaan
gunung berapi dengan VolcanoCam. Kameraramatraya adalah sebuah kamera
video bergana (digital) kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya)
colokan USB atau pun colokan COM.
Sejarah Perkembangan Webcam
Pada
awalnya, bentuk web camera terbatas pada bentuk-bentuk standar yanghanya terdiri dari lensa dan papan sirkuit serta
casing yang biasa. Namun seiring dengan perkembangan
teknologi, bentuk web camera pun sudah makin bervariasi.
Adapun
software – software yang sering kita jumpai di dalam komputer, berikut beserta
kegunaanya:
Adobe Photoshop = untuk editing gambar/foto atau
untuk mendisain website
CorelDraw = untuk mendisain gambar
Picasa = untuk editing foto
Macromedia Flash = untuk membuat gambar animasi
Dreamweaver = untuk membuat website/ blog
Adobe Reader = untuk membaca ebook digital berformat
Pdf
Photoscape = untuk pengeditan foto
Noiseware Professional = untuk membersihkan noise
pada foto
Mozilla Firefox = untuk browser internet
Google Crome = untuk browser internet
Cool Edit Pro = untuk ngedit lagu atau untuk memotong
dan menggabungkan lagu
Eset Nod32 = software anti virus terbaik
Microsof Office Word = untuk pengetikan data
Microsof Office Excel = untuk pengetikan dan membuat
table
Microsoft Power Point = untuk membuat karya tulis
Quicktime = software untuk memutar file quicktime
dbpowerAMP Music Conventer = untuk mengkompres lagu
CCleaner = untuk membersihkan file-file yang tidak
terpakai yang sudah lama dihapus
Nero = untuk burning CD/DVD
Winrar = untuk membuka file rar
Shadow Defender = untuk memproteksi komputer
Winamp = untuk memutar musik/lagu
Adobe Flash Player = untuk menunjang pemutaran lagu
atau video
K-Lite Codec Pack = untuk memutar file video
IDM (Internet Download Manager) = untuk mempercepat
proses download
Macromedia Flash Player = software pemutar file-file
flash
Easy GIF Animator Pro = untuk membuat
gambar bergerak/animasi berformat gif
Pinacle Studio = untuk editing video
PDF Password Remover = untuk menghilangkan password
file pdf yang diproteksi
ACDSee Photo Manager = untuk pengaturan foto digital
TuneUp Utilities = untuk membuat kinerja komputer
lebih cepat
Web Button Maker = untuk membuat tombol navigasi
pada website/blog
Autocad = untuk mendisain gambar konstruksi
Ulead Gif Animator = untuk membuat animasi Gif
Product Key Explorer = untuk mendeteksi serial number
software yang ada di komputer
Magic ISO Maker = membuat file iso yang digunakan
untuk virtual drive
CoffeeCup Web Video Player = untuk membuat video
player pada website
Ashampoo PhotoCommander = untuk pengaturan foto
digital
WinRAR Cracker = untuk meng-crack winrar
Folder Lock = untuk mengunci folder / direktori
Xing MPEG Player = untuk memutar CD/VCD
Drive Blocker = untuk memproteksi drive
Winzip = untuk kompres file
Microsoft Web Publishing = untuk mengirim data
website ke internet
PowerDVD = untuk memutar video
Quick Media Converter = Converter Audio File
SoundForge = untuk mengedit file-file audio
D. Program Kerja
No
|
Bentuk Program
|
Target
|
Waktu
|
1
|
Penataan Administrasi laboratorium komputer
|
Administrasi laboratorium komputer tertata dengan baik
|
Setiap Hari
|
2
|
Pendataan /inventarisasi laboratorium komputer
|
Mengetahui data alat, bahan, dan barang yang ada di
laboratorium sebagai informasi bagi sekolah dan instansi yang berkepentingan
|
1 bulan sekali
|
3
|
Perawatan Komputer
|
Semua peralatan dapat berfungsi dengan baik
|
1bulan sekali
|
4
|
Praktikum
|
Siswa dan guru dapat mempraktekkan teori pelajaran di
kelas sehingga meningkatkan penguasaan dan keterampilan terhadap materi yang
telah dipelajari
|
Sesuai Jadwal
|
5
|
Pengelolaan web sekolah
|
Guru, karyawan, Siswa, dan wali murid dapat mengakses
informasi kegiatan sekolah dan lainnya
|
Menyesuaikan
|
E.
Anggaran Dana
Dibawah ini adalah perincian anggaran dana yang diperlukan untuk
membangun laboratorium komputer adalah sebagai berikut :
Nama Barang
|
Jml
|
Satuan
|
Harga Satuan
|
Jml Harga
|
Komputer PC Pentium 4 Intel terinstall Program Komputer
Akuntansi + Jaringan
|
20
|
Unit
|
Rp. 3.000.000
|
Rp. 60.000.000
|
LCD Merk In Focus Lengkap
|
1
|
Set
|
Rp. 8.000.000
|
Rp. 8.000.000
|
Printer
|
2
|
Unit
|
Rp. 1.500.000
|
Rp. 3.000.000
|
Pendingin Ruangan ( AC )
|
1
|
Unit
|
Rp. 2.000.000
|
Rp. 2.000.000
|
Speaker Studio Visual
|
1
|
Unit
|
Rp. 2.000.000
|
Rp. 2.000.000
|
Meja Guru
|
1
|
Unit
|
Rp. 800.000
|
Rp. 800.000
|
Kursi Putar
|
20
|
Unit
|
Rp. 500.000
|
Rp. 10.000.000
|
Wireless router 10GB/s
|
1
|
Set
|
Rp. 2.500.000
|
Rp. 2.500.000
|
Karpet
|
1
|
Unit
|
Rp. 1.000.000
|
Rp. 1.000.000
|
TOTAL
|
Rp. 89.300.000
|
BAB III
KESIMPULAN
Pada pembahasan di atas dapat di
simpulkan bahwa seiring berjalanya waktu dan berkembangnya jaman, kita saksikan
bahwa kemajuan teknologi sangat pesat hingga saat ini, terutama dalam bidang
pendidikan, pentingnya teknologi bukan hanya sebagai gaya hidup semata, namun
juga dapat berguna sebagai alat bantu khususnya untuk kita sebagai pelajar yang
mencari ilmu.
Kenyataan yang ada bahwa
laboratorium komputer menjadi bahan utama untuk proses belajar mengajar, banyak
kita jumpai di semua universitas ataupun sekolah menengah. Namun banyak yang
belum mengerti apa yang harus kita manfaatkan dalam laboratorium komputer
tersebut. Dengan mengenal laboratorium komputer dan mengenal apa yang ada dalam
laboratorium komputer, dapat menjadi bekal untuk kita agar dapat memanfaatkan
fasilitas yang ada untuk mencapai kualitas dan kreativitas pada diri kita.
Dan pada pembahasan di atas di
lampirkan anggaran yang dibutuhkan untuk mencapai laboratorium komputer yang
berkualitas standar adalah cukup banyak. Sehingga kita sebagai pemakai /
pengguna laboratorium komputer harus bias menjaga baik-baik apa yang ada di
laboratorium tersebut, juga dengan adanya struktur organisasi laboratorium
mengharuskan kita menghormatinya dan mentaati peraturan yang telah ditetapkan
dalam laboratorium komputer.
Hal lain yang dapat diambil dalam
pembahasan diatas adalah bagaimana cara kita merencanakan dan mengelola
laboratorium komputer agar menjadi laboratorium yang nyaman dan standar untuk
proses belajar mengajar. Dan sebelum kita menggunakan komputer baiknya kita
mengenal dahulu apa yang ada dalam komputer tersebut dan bagaimana kegunaan dan
cara menggunakanya.
ada ngk referensinya tentang labor, dari buku apa, mhon infonya ya...
BalasHapussangat bermanfaat :)
BalasHapus